Mutiara Kepribadian AL ANISAH MAI ( 1 )

Diposting oleh poer26 Kamis, 17 September 2009
Mutiara kepribadian oleh Al Anisah Mai..

*. Kalau engkau kaya, bersyukurlah!
Karena di hadapanmu terbentang kesempatan untuk mengerjakan yang sulit-sulit. Perbuatanmu disyukuri orang, engkau beroleh pujian di mana-mana. Engkau menjadi mulia tegakmu teguh. Di hadapan engkau terhampar permadani pujian, sebab engkau beroleh kebebasan dan kemerdekaan.

*. Kalau engkau miskin, bersyukurlah !
 Sebab engkau terlepas dari suatu penyakit jiwa, penyakit kesombongan yang banyak menimpa orang kaya. Bersyukurlah, karena tiada ada orang yang akan hasud dan dengki padamu lagi, lantaran kemiskinanmu.
Kefakiran dan kemiskinan adalah nikmat, nikmat yang tiada ada jalan bagi orang lain buat berkecil hati, dan tiada ada pintu bagi kebencian.

*. Kalau engkau dermawan, bersyukurlah !
 Karena dengan kedemarwananmu dapat mengisi tangan yang kosong, telah dapat menutup tubuh yang telanjang, engkau tegakkan orang yang hampir roboh. Dengan sebab itu engkau telah menuruti perintah hatimu _ perintah kemanusian _ dan engkau beroleh kebahagian. Berpuluh bahkan beratus makhluq Tuhan akan sanggup mengntarkan pujian kepada Tuhan lantaran pertolonganmu. Kebahagiaan hatimu yang tadinya satu sekarang berlipat ganda, sebab telah banyak orang lain yang telah mengecap nikmatnya.

*. Kalau engkau masih muda belia,bersyukurlah !

 Karena pohon pengharapanmu masih subur, dahan-dahannya masih rindang dan rimbun. Tujuan kesenanganmu masih jauh. Sebab umurmu masih muda, mudahlah bagimu menjadikan mimpi menjadi kejadian yang sesungguhnya.

*. Kalau engkau telah tua,bersyukurlah !
 Karena engkau telah terlepas dari medan pertempuran dan perjuangan sengit, dan engkau telah beroleh beberapa ilmu yang dalam-dalam di dalam sekolah itu. Engkau telah tahu firasat, mengerti gerak-gerik manusia dan tahu kemana tujuan jalan yang ditempuhnya.

*. Kalau engkau dari turunan bangsawan, bersyukurlah !

 Sebab engkau telah memperoleh kemenangan yang sukar sekali didapat orang, yaitu orang banya percaya kepadamu dengan tidak perlu orang beroleh nasihat dari siapa-siapa lagi.

*. Kalau engkau dari golongan biasa, bersyukurlah !

Karena lebih baik engkau menjadi pangkal kemulian anak cucu dan keturanmu, menjadi bintang dan pemancang perumahan.
*. Kalau engkau bersahabat banyak, bersyukurlah !
Lantaran banyak orang yang menghargai dan memperhatikan engkau, tandanya harga dirimu mahal dan timbanganmu berat.
*. Kalau engkau mempunyai musuh, bersyukurlah !
Karena musuh-musuh itu anak tangga untuk mencapai kedudukan yang tinggi. Banyak musuh menjadi bukti atas kesulitan, yang engkau kerjakan. Dari celaanya yang benar-benar mengenai kesalahanmu, engkau dapat beroleh pengajara.
*. Kalau badanmu sehat, bersyukurlah ! 
 Sebab kekayaan dan kemuliaan nikmat-Nya telah bersama engkau, lantaran badanmu yang sehat mudahlah engkau mendaki bukit kesusahan dan menempuh padang kesulitan.
*. Kalau engkau sakit, bersyukurlah !
Karena sudah ternyata bahwa dirimu adalah medan tempat perjuangan diantara dua alam yang dijadikan Tuhan, yakni kesehatan dan kesakitan. Kemenangan akan terjadi pada kepada salah satu yang kuat, kesembuhan mesti datang sesudah perjuangan itu baik kesembuhan dunia, ataupun kesembuhan yang sejati.
*. Kalau engkau genius, bersyurlah !
Karena pada tubuhmu telah ternyata cahaya gilang gemilang, tandanya Tuhan selalu melihat engkau dengan tenang sehingga menimbulkan kesuburan dalam pikiranmu, dilihat-Nya otakmu cerdas, dilihat-Nya matamu sehingga jadi azimat, dilihat-Nya suaramu sehingga jadi sihir.
*. Kalau engkau dilupakan orang,bersyurlah ! 
Karena lidah tidak banyak mencelamu, mulut tak banyak mencacatmu, tak ada orang lain dengki padamu, tak ada orang yang meniatkan jatuhmu, mata tak banya memandangmu. Itu, di hadapmu ada puncak bukit kemuliaan, orang yang masyhur itu berdiri di masyarakat, dan engkau berdiri diatas kumpulan tananah dan pasir yang kecil-kecil. Dengan demikian, itu engkau akan merasai kesenangan hati yang kerap kali tak didapat oleh orang yang bibirnya tak pernah mandi di dalam ombak ilham.
*. Kalau sahabatmu setia kepadamu, bersyukurlah !
Karena pertukaran siang dan malam telah menganugerahi engkau kekayaan yang kekal.
*. Kalau kawanmu berkhianat, bersyukurlah ! 
Sebab kalau kawan-kawanmu yang berkhianat itu mungkir dan meninggalkan engkau, tandanya ia telah memberikan jalan yang lapang buat engkau.
*. Kalau negaramu dijajah atau dirimu di perbudak, bersyukurlah !
Sebab penjajahan dan perbudakan membuka jalan bagi bangsa yang terjajah atau dari yang diperbudak kepada perjuangan  melepaskan diri dari belenggu. Itulah perjuangan yang menentukan hidup dan mati, dan itulah yang meninggikan nilai. Ketahuilah bahwa tidaklah didapat suatu bangsa yang terus menerus dijajah.
*. Kalau negaramu merdeka, bersyukurlah !
Sebab engkau duduk sama rendah dan tegak sama tinggi dengan bangsa-bangsa yang lain, ada bagimu kesempatan mencari kekuatan baru. Kemerdekaan itu mesti diisi dengan bahan-bahan yang baik, dan bagimu terbuka kesempatan yang seluas-luasnya.

2 Responses to Mutiara Kepribadian AL ANISAH MAI ( 1 )

  1. Semuanya sangat brmanfaat bung,.emang sdh seharusnya kita selalu bersyukur atas smua yg sdh di beri oleh Allah SWT.tp kita sebagai manusia yg trkdang kurang menyadarinya.

     
  2. Unknown Says:
  3. Terima kasih banyak

     

Posting Komentar

SilahKAn TinGgalKAn KoMEntAR DeMI PeRBaiKAn BlOg iNi..mAKasIH..

IP No Smoking
Tidak Dilarang Keras Mengcopy

Celoteh Teranyar

Celoteh Wong Rimbo

Otak-Atike Wong Rimbo

Comentar Teranyar

About Me